Agar Output Maksimal, Berikut Cara Memasang Solar Panel Indonesia Yang Benar

Agar Output Maksimal, Berikut Cara Memasang Solar Panel Indonesia Yang Benar

Solar panel menjadi terobosan yang dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran listrik bulanan. Selain itu, perangkat yang satu ini dapat melestarikan lingkungan. Solar panel dapat bekerja dengan baik tanpa adanya bahan bakar minyak atau batubara. Oleh karena itu agar bisa bekerja dengan optimal, yuk simak cara pemasangan solar panel Indonesia yang benar disini.

 

Cara Pemasangan Solar Panel Yang Baik

solar panel indonesia

  1. Letakkan Di Atap Rumah Yang Terbuka

Lokasi menjadi penentu kerja sebuah panel surya. Anda harus tahu bahwa peralatan tersebut hanya dapat bekerja apabila sumber utamanya bisa diakses dengan optimal. Sumber daya panel surya adalah cahaya matahari. Sejauh ini lokasi yang paling optimal untuk memasang solar panel adalah di atap rumah yang tidak terhalang naungan.

Sebenarnya anda dapat memasangnya dimana saja seperti di lapangan, tengah sawah, atau tengah laut, asalkan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Meskipun begitu atap menjadi lokasi yang paling banyak dipilih karena tidak akan mudah tertutup bangunan terlebih pada penggunaan di area perumahan.

 

  1. Jumlah Panel Sesuai Kebutuhan

Panel surya dapat bekerja apabila didukung dengan jumlah panel yang sesuai. Dengan begitu daya yang dihasilkan dapat mengakomodasi kebutuhan yang ada di dalam rumah atau bangunan. Sangat penting untuk membeli jumlah panel yang sesuai agar kebutuhan listrik dapat terpenuhi. Selain itu, sesuaikan juga jumlah dengan jenis panel yang akan dipasang.

Setiap jenis panel memiliki efisiensi kerja yang berbeda. Salah satu yang paling besar efisiensinya adalah jenis monocrystalline silicon. Solar panel Indonesia ini dipilih karena memiliki kemampuan penyimpanan dan konversi daya yang lebih besar dibandingkan dengan jenis yang lain sehingga jumlah panelnya lebih sedikit.

 

  1. Pastikan Setiap Komponen Panel Sudah Lengkap

Pemasangan panel surya didalamnya meliputi berbagai perangkat pendukung. Anda tidak semata mata meletakkan panel di atas atap dan semuanya beres. Beberapa peralatan yang juga harus ada saat pemasangan panel surya adalah charge controller, aki, dan masih banyak lagi. Panel surya tidak akan bekerja apabila ada komponen yang tidak ada.

Selain komponen panel, beberapa peralatan lain yang dibutuhkan saat proses pemasangan adalah AVO meter, obeng plus minus, tang, gergaji besi, dan perkakas lainnya. Kelengkapan alat akan mendukung pekerjaan lebih cepat dan mudah. Oleh karena itu siapkan dulu semuanya sebelum anda memasang panel surya.

 

  1. Hubungkan Panel Dengan Charge Controller Dan Komponen Lain

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, pemasangan barulah dapat dilakukan. semua komponen harus disambungkan dengan baik agar panel surya dapat bekerja secara optimal. Sangat disayangkan apabila salah satu komponennya tidak terhubung dengan baik karena solar panel Indonesia akan mengalami kendala saat proses penggunaannya.

SUN Energy – Sangat disayangkan apabila panel surya yang hendak dipasang tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu jangan lupa untuk mempersiapkan terlebih dahulu semuanya dengan matang. Mulai dari lokasi hingga alat pemasangannya harus lengkap. Komponen yang kurang dapat mengganggu proses pemasangan sehingga jauh lebih sulit dan lama.

0 I like it
0 I don't like it