Jenis-Jenis Penyakit Yang Bisa Ditangani Menggunakan Intervensi Vascular

penyakit pembuluh darah

Sistem pembuluh darah (vascular) memiliki peran penting dalam mengedarkan aliran darah ke seluruh tubuh melalui sistem kerja jantung. Namun, masalah yang terjadi pada vascular dapat mengganggu sistem kerja jantung. Untuk itu, intervensi vascular diperlukan untuk menyembuhkan penyakit ini. Selengkapnya, simak beberapa jenis penyakit vascular berikut.

5 Jenis Penyakit Pada Sistem Pembuluh Darah

  1. Penyakit Arteri Perifer

Penyakit arteri perifer atau dikenal dengan Peripheral Arterial Disease (PAS) merupakan penyakit yang dapat terjadi akibat penyumbatan aliran darah. Hal ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang berasal dari jantung (pembuluh darah arteri). Umumnya, penyakit ini sering terjadi di daerah lengan maupun tungkai dan kaki.

Penderita penyakit ini biasanya tidak menunjukkan gejala yang berkembang secara perlahan. Meski demikian, PAD yang dibiarkan tanpa penanganan dapat berdampak buruk dan berbahaya. Misalnya saja kondisi kematian sel jaringan tertentu sehingga sangat berisiko untuk diamputasi. Untuk itu, intervensi vascular sangat diperlukan untuk mendiagnosis penyakit ini.

  1. Aneurisma Aorta Perut

Masalah berbahaya yang dapat terjadi pada pembuluh darah lainnya adalah aneurisma aorta perut. Masalah ini dapat terjadi karena penggelembungan pembuluh darah aorta yang terjadi di bagian perut. Kondisi dinding aorta yang semakin melemah dapat menyebabkan masalah ini secara perlahan tanpa menimbulkan gejala yang serius.

Umumnya, pembuluh aorta yang kaya akan oksigen memiliki dinding yang tebal. Melemahnya kondisi pembuluh darah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi, tekanan darah tinggi, cedera, penyumbatan pembuluh darah maupun faktor genetic lainnya. Masalah aneurisma aorta perut yang berujung parah dapat menyebabkan pendarahan berat.

  1. Arteri Karotis

Metode intervensi vascular juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit arteri karotis. Penyakit ini terjadi karena penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol. Masalah yang dapat terjadi pada pembuluh darah yang mengantarkan darah ke otak dan kepala sangat berpotensi menjadi penyakit stroke.

  1. Lymphedema

Lymphedema atau limfedema juga dapat disembuhkan menggunakan metode intervensi. Penyakit yang ditandai dengan pembengkakan pada bagian tungkai atau lengan ini dapat terjadi akibat pembengkakan pembuluh getah bening. Penderita lymphedema biasanya akan merasa nyeri, kaku dan sulit bergerak.

  1. Penyakit Di Pembuluh Darah Vena

Selain itu, masalah pembuluh darah juga dapat terjadi pada pembuluh darah vena. Penyakit atau kelainan yang dapat menghambat aliran pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada bagian tertentu. Beberapa jenis penyakit ini terdiri dari varises, tromboflebitis dan trombosis vena dalam (DVT).

Penyakit yang terjadi pada sistem pembuluh darah termasuk penyakit yang berbahaya karena organ ini memiliki peran penting dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Untuk itu, anda sebaiknya menghubungi Heartology Cardiovascular Center apabila mendapati gejala yang terjadi karena masalah ini. Tim dokter spesialis dan peralatan canggih dijamin memberikan perawatan optimal.

Salah satu dokter spesialis jantung yang sudah berpengalaman dalam penanganan intervensi vaskular adalah dr Suko Adiarto yang kini berpraktek di Heartology. Beliau adalah salah satu tim spesialis jantung yang memiliki keahlian di bidang intervensi kardiologi dan intervensi vaskular. Temukan jadwal praktek yang sesuai dan buat janji online dengan dokter spesialis jantung di website Heartology.

0 I like it
0 I don't like it