4 Keuntungan Ternak Ayam Potong Modern dan Kekurangannya

broiler chicken

Bisnis ayam potong kini sangat menggiurkan, hal itu dikarenakan banyak yang membutuhkan ayam tersebut untuk konsumsi pribadi atau untuk acara-acara tertentu. Saat ini untuk meningkatkan peningkatan hasil dari peternakan bisa dengan menggunakan sistem modern. Sistem ini  lebih canggih dibandingkan dengan ternak ayam sistem yang biasa.

Salah satu cara untuk beternak ayam modern adalah dengan menerapkan sistem closed house. Yang dimaksud dengan closed house ini adalah kandang untuk peternakan ayam yang tertutup. Hal ini tentu saja berbeda dengan sistem kandang yang diterapkan saat ini dimana banya terbuka pada bagian tertentu. Berikut ini adalah keuntungan ternak ayam potong modern yang patut diperhatikan berikut ini:

Aman di Musim Penghujan

Keuntungan ternak ayam potong modern yang pertama adalah aman di musim penghujan. Dengan closed house ini bisa membuat ayam berada di dalam kandang menjadi lebih aman terutama jika cuaca sedang tidak menentu seperti saat ini. Sistem closed house akan membuat ayam bisa bertahan dalam setiap kondisi baik hujan maupun panas. Musim penghujan merupakan musim yang banyak dikhawatirkan oleh peternak hal itu dikarenakan saat musim penghujan ini banyak penyakit bertebaran sehingga bisa menyebabkan ayam akan mudah sekali terkena penyakit. Jika sudah terkena penyakit penularannya akan mudah sekali sehingga dengan menerapkan sistem closed house ini peternak bisa mencegah timbulnya penyakit tersebut.

Baca juga : 5 Manfaat Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang dan Kerugiannya

Udara yang Sehat

Udara menjadi faktor penting keberhasilan ternak ayam potong. Jika kandang dengan sistem yang terbuka atau open house akan menyebabkan banyak udara yang masuk ke dalam kandang. Tentu saja hal ini tidak bagus untuk kesehatan ayam yang ada di dalam kandang dikarenakan bisa menyebabkan ayam kembung. Berbeda dengan closed house dimana hanya ada beberapa titik ventilasi saja yang disediakan sehingga udara yang masuk tidak berlebihan seperti dengan kandang yang terbuka. Selain itu karbondioksida juga bisa keluar kandang dengan sempurna.  Jika kadar karbondioksida terlalu banyak akan menyebabkan ayam menjadi tidak nafsu makan dan lemas akibat kekurangan oksigen.

DOC Lebih Sehat

Ternak ayam potong modern ini juga bermanfaat untuk melindungi DOC ayam. Kesuksesan dalam beternak ayam tergantung dengan bagaimana peternak merawat DOC ayamnya. Dengan teknik modern closed house DOC ayam bisa terlindungi terutama dari cuaca panas dan hujan. Saat malam hari pun DOC ayam akan lebih merasa hangat dan aman karena tidak berada di kandang yang terbuka dimana menyebabkan udara dingin maupun panas bebas masuk ke dalam kandang.

Lebih Efisien

Kandang dengan sistem tertutup lebih efisien dibandingkan dengan yang terbuka. Peternak dengan kandang tertutup akan lebih mudah memantau ayam yang diternakkannya. Selain itu hasil yang akan didapatkan peternak lebih efektif dan maksimal dibandingkan dengan yang open house.

Kekurangan Teknik Modern

Jika ada manfaat atau kelebihan juga ada kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan ini bagaikan dua sisi mata uang yang saling berhubungan. Kekurangan dari teknik modern ini adalah biaya yang dikeluarkan lebih mahal dibandingkan dengan yang open house, selain itu biaya listrik yang harus dikeluarkan untuk teknik modern ini cukup tinggi mengingat closed house membutuhkan listrik yang tidak sedikit.

Sama halnya dengan teknik open house, sistem modern closed house ini membutuhkan teknik dan keterampilan yang tinggi. Peternak harus memiliki pengetahuan yang luas supaya sistem modern yang dilakukannya sesuai dengan harapan. Jika tekniknya belum benar dan pengetahuannya masih sempit hasil dari ternak ayam potong modern ini tidak akan maksimal.

Baca juga : Bagian Bagian Karkas Ayam dan Jenis Potongannya

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *