4 Cara Mengajarkan Anak Budi Pekerti di Sekolah Paling Efektif

Cara Mengajarkan Anak Budi Pekerti

Budi pekerti sangat penting untuk diperhatikan. Sekolah sebagai instansi pendidikan harus bisa mencetak generasi yang memiliki budi pekerti yang luhur. Tidak hanya soal nilai saja yang diperhatikan namun budi pekerti yang luhur ini juga sangat penting supaya seseorang tidak mudah untuk berlaku yang merugikan orang lain. Banyaknya tindakan bullying yang dilakukan oleh pelajar menunjukkan betapa semakin rendahnya nilai budi pekerti yang dimiliki oleh pelajar saat ini.   Oleh sebab itu sudah sepatutnya jika sekolah mengajarkan nilai budi pekerti tersebut sejak dini.

Mengajarkan Budi Pekerti di Sekolah

Dengan dibekali nilai budi pekerti, siswa di sekolah tidak akan mudah melakukan bullying atau tindakan yang merugikan orang lain. Berikut ini adalah cara mengajarkan anak budi pekerti di sekolah yang bisa diterapkan sejak dini:

Berikan Pengertian

Cara yang pertama adalah dengan memberikan pengertian. Sekolah bisa memberikan pelajaran khusus  yang membahas budi pekerti atau juga bisa memberikan pelajaran budi pekerti berdampingan dengan pembelajaran lain. Misalnya saat itu sedang membahas tentang pelajaran kewarganegaraan, diantara jam pembelajaran tersebut bisa disisipkan materi budi pekerti. Berikan pengertian kepada anak mengapa budi pekerti itu penting untuk diketahui dan juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, rumah, maupun di lingkungan sekitar.

Memberikan Teladan yang Baik

Guru adalah panutan dan menjadi contoh yang sempurna untuk anak yang ada di sekolah. Untuk bisa mengajarkan budi pekerti di sekolah penting bagi guru untuk memberikan teladan yang baik. Guru yang juga memiliki budi pekerti yang baik akan selalu dicontoh oleh siswa-siswinya.

Berikan Motivasi

Ada kalanya anak malas untuk selalu menerapkan budi pekerti yang baik tersebut. Namun guru bisa memberikan motivasi untuk mendorong anak terus melakukan budi pekerti yang baik. Apalah artinya pembelajaran jika tidak ada kemauan untuk melakukannya. Oleh sebab itu di sini guru sebagai motivator supaya anak tetap konsisten melakukan budi pekerti yang luhur dengan cara memberikan saran yang ringan namun bisa menyentuh hati murid yang paling dalam.

Evaluasi

Cara terakhir adalah melakukan evaluasi. Guru bisa mengevaluasi apakan pelaksanaan budi pekerti di sekolah sudah seperti yang diharapkan. Jika masih belum sesuai dengan harapan bisa mengubah metode pengajaran yang berbeda dibandingkan sebelumnya.

Demikianlah cara mengajarkan anak budi pekerti di sekolah yang penting untuk dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga :

Fasilitas Eksklusif Global Sevilla School Untuk Siswa & Siswi

63 Medali, Inilah Sederet Prestasi Global Sevilla School

Inilah 4 Jenjang Pendidikan Akademik Global Sevilla School

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *