Kelebihan dan Kelemahan Aplikasi POS Indonesia

pos system indonesia

Kelebihan dan kelemahan aplikasi POS Indonesia – Dahulu, kita mengenal mesin kasir sebagai komputer sederhana untuk memproses transaksi dan menyimpan uang kembalian. Dan sekarang, dengan berkembangnya teknologi informasi, kita sudah mengenal sistem Point of Sales (POS) sebagai software yang bisa menggantikan peran mesin kasir.

Software ini diciptakan untuk mengelola proses transaksi dari para pembeli dengan fungsi yang lebih kompleks. Anda tidak perlu lagi mempekerjakan karyawan untuk mengelola data hasil transaksi dan menghitung profit serta membuat laporan. Karena semua hal itu sudah bisa dilakukan oleh sistem POS. Lalu, apakah sistem ini benar-benar membawa segudang kelebihan bagi dunia bisnis ritel? Temukan jawabannya pada ulasan di bawah ini yang akan membahas kelebihan dan kelemahan aplikasi POS indonesia.

Kelebihan Sistem Point of Sales (POS)

  1. Sistem ini kompatibel dengan berbagai gadget, mulai dari laptop, komputer, tablet, hingga smartphone. Anda pun bisa mengawasi proses penjualan dari gadget pribadi karena sistem POS akan sepenuhnya memberi akses informasi kepada Anda.
  2. Setiap data penjualan, baik berupa produk yang keluar ataupun uang yang masuk, seluruhnya akan direkam dan didata secara otomatis. Dan pendataan ini pun bersifat real-time yang artinya dilakukan saat itu juga. Anda pun bisa mengawasi penjualan dengan lebih cepat dan dari mana saja sehingga lebih efisien.
  3. Keamanan data juga terjamin karena seluruhnya akan ditransfer ke cloud POS. Dan Anda sebagai pemilik akan memiliki username dan password sehingga tidak sembarangan orang yang dapat mengelola atau memantau data statistik penjualan.
  4. Sistem POS juga sudah bisa Anda gunakan untuk mengelola data jual beli online. Anda pun bisa meningkatkan efisiensi toko online dengan adanya POS sistem ini, seperti misalnya proses update stok yang bisa dilakukan secara otomatis. Lalu ada pula perubahan data seperti diskon dan lain sebagainya yang juga sangat terbantu berkat adanya sistem POS.

BACA JUGA : Apa itu SAP & Manfaatnya Bagi Perusahaan?

Kelemahan Sistem Point of Sales

Jika melihat berbagai kelebihan dari sistem ini, maka cukup sulit bagi kita melihat sisi kelemahannya. Tetapi apakah sistem ini benar-benar sempurna? Tentu saja jawabannya adalah ‘tidak’ karena pada dasarnya sistem ini masih menyimpan beberapa kelemahan, yaitu sebagai berikut:

  1. Oleh karena sistem ini terhubung dengan komputer dan internet, bukan tidak mungkin akan terjadi crash atau beberapa hal merugikan lainnya yang tidak bisa diprediksi secara teknis.
  2. Berbeda dengan mesin kasir, aplikasi ini menuntut Anda memiliki gadget yang cukup bagus agar sistem POS bisa berjalan dengan tampilan maksimal. Dan hal ini pula yang setidaknya memaksa Anda mengeluarkan modal tambahan untuk pengadaan beberapa komputer atau tablet.
  3. Dan kelemahan terakhir dari sistem ini adalah, adanya biaya bulanan yang umum diminta oleh developer untuk proses maintenance. Berbeda dengan mesin kasir yang tidak membutuhkan biaya tambahan lagi karena semuanya akan langsung didapat sejak pembelian awal.
  4. Untuk kelemahan yang terakhir dari aplikasi ini adalah minimnya pengetahuan masyarakat dalam menentukan software POS terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan usahanya. Oleh karena itu diperlukan adanya jasa konsultan yang umumnya bisa didapat dari beberapa developer sistem informasi. Dan salah satu yang cukup terpercaya adalah soltius.com yang sudah melayani berbagai kebutuhan pelanggan, baik untuk usaha kecil ataupun menengah dari brand besar Indonesia.

Dan itulah beberapa ulasan seputar kelebihan dan kelemahan aplikasi POS Indonesia. Pastinya dari kelebihan dan kelemahan yang ada, Anda bisa memperhitungkan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk segera menggunakan aplikasi POS demi kemajuan usaha Anda.

BACA JUGA : Berbagai Module yang Ada Dalam SAP Business One.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *