Tips Ternak Ayam Tanpa Bau dan Kotor

cara ternak ayam potong

Ingin Ternak Ayam tapi takut bau? Jika ya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk mengurangi bau kurang enak dari peternakan ayam ada.

Memilih jenis pakan ayam

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi bau dari peternakan ayam anda adalah dengan memilih jenis pakan ayam. Untuk mengurangi bau pada kandang ayam sebaiknya hindari jenis-jenis pakan yang memiliki ukuran yang kecil. Selain itu anda juga bisa mengurangi kadar protein yang digunakan dalam campuran pakan. Cara lain adalah dengan memberikan tambahan pada jenis pakan lain yang dapat mengurangi aroma kurang menyenangkan dari kandang anda. Jangan lupa juga untuk membersihkan kandang Ternak Ayam anda secara reguler untuk membersihkan pakan ayam yang tercecer. Pakan ayam yang tercecer jika tidak dibersihkan juga dapat menyebabkan bau kurang enak karena proses pembusukan yang terjadi.

Mengakali aroma dari kotoran ayam

Kotoran ayam merupakan salah satu sumber aroma tidak enak dari kandang Ternak Ayam anda. Oleh karena itu bersihkan kotoran ayam secara teratur. Anda bisa membersihkannya dengan cara mengumpulkannya karena kotoran ayam bisa digunakan sebagai pupuk kandang. Bukan hanya itu caranya. Untuk mengurangi aroma kotoran ayam yang masih ada di dalam kandang, anda bisa memberikan tumpukan jerami pada kandang ayam anda. Tumpukan jerami pada kandang ayam anda akan menjebak gas amonia supaya tidak menyebabkan bau.

Mengamankan bangkai

Ketika anda memiliki Ternak Ayam, maka bukan tidak mungkin ternak anda akan mati bukan? Ketika ternak mati sesegera mungkin anda harus mengambil dan membuangnya. Membiarkan bangkai ada di dalam kandang akan menyebabkan bangkai tersebut membusuk. Ketika bangkai membusuk bukan hanya aromanya mengganggu lingkungan tapi juga dapat mempengaruhi kesehatan ayam yang masih hidup.

Baca Juga : Kegunaan Ternak Ayam Potong dan Kegunaannya

Destocking

Destocking merupakan upaya yang dilakukan untuk mengurangi populasi ayam di dalam kandang Ternak Ayam. Destoking juga merupakan salah satu cara untuk membantu mengurangi bau tidak sedap dari kandang anda. Hal ini disebabkan karena destocking dilakukan dengan pengejaran. Aktivitas ini akan membantu mengusir bau dari dalam kandang ayam. Tapi sebelum anda melakukan destocking ini pastikan anda menutup kandang dengan menggunakan gorden agar bau tidak menyebar.

Melakukan pengelolaan yang baik terhadap air kotor

Kandang ayam broiler di bersihkan dengan menggunakan air. Lalu kemana air tersebut dialirkan? Air kotor yang digunakan untuk membersihkan kandang Ternak Ayam seharusnya di kelola dengan baik. Kumpulan dahulu air kotor yang digunakan untuk bersih-bersih setelah itu masukkan air kotor ke sistem pengolahan air kotor yang sudah anda buat. Setelah itu baru bung air yang sudah diproses dan tidak berbahaya bagi lingkungan ke saluran pembuangan yang tepat.

Buang kotoran ayam gunakan sebagai pupuk

Seperti yang disebutkan sebelumnya kotoran ayam dapat berfungsi sebagai pupuk. Pupuk ini bisa anda gunakan sendiri atau jual pada orang lain. Kotoran ayam yang digunakan sebagai pupuk ini pada saat penyimpanannya harus benar-benar dilakukan di tempat yang kering sehingga tidak berjamur. Perlu ditutup dengan baik juga agar bau tidak menyebar. Untuk anda yang ingin menggunakan kotoran dari Ternak Ayam anda sebagai pupuk, lakukan dengan benar. Untuk menghindari bau yang meluas dan mengganggu tetangga anda pastikan menyebarkan pupuk didasarkan pada arah angin. Sebar pupuk pada saat arah angin mengarah ke area yang tidak berpenghuni atau memiliki penghuni yang cukup jauh.

Baca Juga : Manfaat Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *