Berapa Harga Sewa Forklift? Pelajari Dulu Lifting dan Kapasitasnya

sewa forkift alat berat

Sewa forklift bukan istilah asing di dunia logistik. Kemampuan forklift mendistribusikan barang dalam skala besar membuat alat berat ini memiliki peran yang sangat krusial. Singkatnya, forklift merupakan kendaraan yang sanggup menggantikan tenaga manusia berkali-kali lipat sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat dan ringan.

Banyak perusahaan atau pabrik-pabrik besar memilih menggunakan forklift dengan sistem sewa. Alasan sewa forklift tentu saja untuk menghemat anggaran, disamping karena secara finansial perusahaan belum mampu membeli forklift baru.

Saat ini banyak sekali jasa sewa forklift berikut merek dan kapasitasnya. Nah, dalam hal ini penyewa harus memahami jenis-jenis forklift dan kapasitasnya. Mengapa? Karena setiap forklift dengan spesifikasi dan kapasitas berbeda, berbeda pula harga sewanya.

Forklift Diesel. Forklift ini paling populer dan banyak digunakan. Secara umum harga sewanya paling murah dan perawatannya mudah. Kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Forklift Diesel mampu mengangkat barang (lifting) hingga ketinggian 6 meter dengan kapasitas maksimal 10 ton.

Kelemahannya, karena menggunakan bahan bakar solar alat berat ini jarang digunakan di dalam ruangan. Seperti diketahui solar mengeluarkan emisi gas yang jika terhirup terlalu banyak bisa menyebabkan sesak nafas.

Forklift Gasoline (LPG). Forklift jenis ini cukup ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar gas. Harga sewa forklift ini juga terjangkau. Fungsinya sendiri diprioritaskan untuk pengoperasian dalam ruangan.

Sayangnya Forklift Gasoline kemampuan lifting-nya hanya 2 meter dengan kapasitas 2 ton saja. Kelemahan lainnya, penyewa lebih banyak kesulitan mencari lokasi pengisian gas jika tiba-tiba bahan bakar habis.

 Forklift Electric. Jenis forklift ini terkenal paling ramah lingkungan. Penggunaan baterai yang dapat diisi ulang menggunakan tenaga listrik menjadikannya lebih mudah dioperasikan dalam ruangan dengan kondisi apapun.

Kemampuan lifting-nya juga lumayan karena mampu mengangkat hingga ketinggian 6 meter, sementara kapasitasnya sendiri maksimal 5 ton. Sayangnya Forklift Electric tidak bisa dioperasikan terus-menerus karena kapasitas baterainya hanya mampu bertahan kurang dari 8 jam.

Forklift Reach Truck. Forklift ini mirip dengan forklift electric dengan lsitrik sebagai sumber tenaganya. Baterai juga bisa diisi ulang dengan mudah. Lifting dan kapasitasnya juga tidak jauh beda. Perusahaan jasa sewa forklift lebih merekomendasikan jenis forklift ini karena Forklift Reach Truck dilengkapi Pallet sehingga pemindahan barang menjadi lebih mudah.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *